Sejarah Singkat Perkembangan Karate Kyokushin Indonesia
Dari tahun 1959 hingga 2020
Last Update: 01-Jul-2020

Sejarah Perjalanan Perguruan Kyokushin di Indonesia

1959
Nardi T Nirwanto mulai tertarik pada sosok Masutatsu Oyama dan mulai melakukan kontak via surat. Dengan dibantu Bapak Masagung (Toko Gunung Agung) Nardi banyak mendapat dukungan memperoleh buku-buku karate tulisan Masutatsu Oyama seperti What is karate, Advance karate dll.

1960an
Nardi TN mulai menjalin hubungan dengan Sensei A Yoshida, WN Jepang yang tinggal di Jakarta dan membantu memberi arahan dalam latihan nya.

1967
Nardi TN memperoleh tingkatan Dan I

7-Mei-1967
Mendirikan perguruan dengan nama “Go No Sen” berpusat di Batu, Malang

1968
JB. Sujoto mulai bergabung dengan Perguruan “Go No Sen”

1970
Setelah menjalani pelatihan khusus untuk instruktur di honbu IKO di Tokyo, Nardi mendapat Sertifikat Branch Chief IKO Kyokushinkaikan untuk Indonesia. Dan mengganti nama perguruan menjadi “Pembinaan Mental Karate Kyokushinkai Karate-do Indonesia”.

20-Jan-1972
Winta Karna mendirikan Perguruan Karate Kala Hitam yang berpusat di Medan

1972
Perguruan-perguruan karate yang ada di Indonesia mengadakan kongres dan mendirikan FORKI (Federasi Olah Raga Karate-do Indonesia). PMK Kyokushinkai dan Kala Hitam termasuk diantara 25 perguruan yang menjadi anggota FORKI.

1973
Diadakan Kejuaraan Internasional Kyokushin pertama di Surabaya yang diikuti oleh atlet-atlet dari Indonesia, Singapore, Malaysia dan Australia.

1-3 Nov 1975
Untuk pertama kali nya digelar World Open Karate Turnament di Tokyo – Japan. Indonesia di bawah Branch Chief Nardi TN mengirim 4 wakil nya yaitu: 1. George Rudy, 2. Richard H. Susilo, 3. R. Walewangko, 4. Djoko Slamet Riyadi

1977
Setelah sebelum nya Winta Karna berlatih aliran kyokushin dengan Kawakita WN Jepang yang menjadi mitra kerja nya, Winta Karna kemudian memperoleh tingkatan Shodan (Dan-1) dan Sertifikat Branch Chief IKO atas rekomendasi Peter Chong (Branch Chief IKO Singapore).

23-25 Nov 1979
Diadakan WOKT Ke-2 di Tokyo – Japan. Indonesia di bawah Branch Chief Nardi TN mengirim 2 wakil yaitu: 1. Didik Sucipto, 2. Andy Susila

Jul-1981
Kejuaraan Asia Pasifik diselenggarakan di Jakarta. Dan dalam kejuaraan ini, Sosai Oyama melalui istrinya menyerahkan tingkatan Dan V kepada Nardi TN. Ini merupakan kejuaraan kyokushin internasional ke-2 yang diselenggarakan di Indonesia.

Setelah kejuaraan, karena ada masalah internal JB. Sujoto dikeluarkan dari PMK Kyokushinkai.

24-Okt-1981
JB. Sujoto berangkat ke Tokyo menemui Masutatsu Oyama, dan setelah menunggu 3 minggu akhirnya bisa bertemu. Setelah melalui proses, JB. Sujoto mendapat Sertifikat Branch Chief dari honbu IKO di Tokyo

25-Jan-1982
Setelah upaya rekonsiliasi dengan gurunya Nardi TN tidak berhasil, JB. Sujoto akhirnya mendirikan perguruan Indonesia Karate-do Kyokushinkaikan (IKK) dengan dukungan senior-senior yang pernah dibina nya.

Pada sekitar tahun ini juga Sucipto Hermawan dari Perguruan Gojuryu beserta murid-murid nya (diantaranya MS. Dadang UB) bergabung ke IKK.

Karena tidak bisa masuk menjadi anggota FORKI, perguruan IKK menjalin kerja sama dengan Perguruan Kala Hitam. Jadi dalam event-event resmi tingkat daerah atau nasional memakai nama Perguruan Kala Hitam. Namun dalam menjalankan organisasi tetap berjalan sendiri-sendiri.

Apr-1983
Masutatsu Oyama untuk pertama kali nya mengunjungi Indonesia. Selain mengunjungi beberapa pejabat di pemerintahan juga memberikan pelatihan kepada warga kyokushin di Indonesia. Dalam kunjungan ini Masutatsu Oyama membawa serta 2 orang murid uchideshi yaitu Akiyoshi Matsui dan Satoshi Yui.

20-22 Jan 1984
Diadakan WOKT Ke-3 di Tokyo – Japan. Indonesia di bawah Branch Chief JB. Sujoto mengirim 4 wakil yaitu: 1. JB. Sujoto, 2. Freddy Julianto, 3. Guntopo, 4. Chris Ruddy

29 Sep 1984
Untuk kedua kali nya Masutatsu Oyama berkunjung ke Indonesia dalam rangka menghadiri Kejuaraan Asia yang diadakan di Jakarta dan diikuti oleh 10 negara. Dalam kesempatan ini Oyama membawa serta Makoto Nakamura juara dunia 2 kali (WOKT 1979 dan 1984) dan mengadakan pelatihan di Jakarta.

6-7 Nov 1987
Diadakan WOKT Ke-4 di Tokyo – Japan. Indonesia di bawah Branch Chief JB. Sujoto mengirim 4 wakil yaitu: 1. Sukarno Junaedi, 2. Chris Ruddy, 3. Sucipto Joe Angga, 4. Tiono SB.

1990an
Sucipto Joe Angga (Surabaya) dan Sucipto Hermawan (Cibinong) keluar dari IKK dan mendirikan Oyama Karatedo Kyokushinkaikan Indonesia.

2-4 Nov 1991
Diadakan WOKT Ke-5 di Tokyo – Japan. Indonesia di bawah Branch Chief JB. Sujoto mengirim 4 wakil yaitu: 1. Amidin, 2. Haryanto, 3. M. Sodri, 4. Yanto Wijaya

26-Apr-1994
Masutatsu Oyama wafat dan kemudian digantikan Akiyoshi Matsui menjadi pimpinan IKO. Hal ini menimbulkan ketidak puasan diantara senior-senior IKO yang berujung perpecahan.

1995
Rudie CB, Agus Prihanto, Ferry Kristiawan keluar dari IKK pimpinan Sensei JB Sujoto, mendirikan Yayasan Seni Beladiri Kyokushinkai Indonesia yang berpusat di Tulungagung.

1995
Selama periode 1983 ~ 1994 sampai wafat nya Masutatsu Oyama, JB. Sujoto menjadi satu-satunya Branch Chief IKO yang aktif di Indonesia.

Setelah IKO pecah, JB. Sujoto meneruskan afiliasi nya dengan menjadi Branch Chief IKO-1 pimpinan Matsui. Sementara itu di sisi lain, menempatkan beberapa senior IKK sebagai Branch Chief IKO-2 pimpinan Nishida.

3-5 Nov 1995
IKO-1 pimpinan Matsui mengadakan WOKT Ke-6 di Tokyo – Japan. Indonesia di bawah Branch Chief JB. Sujoto mengirim 2 wakil yaitu: 1. M. Sodri, 2. Imam Prasetyo

1996
IKK dikeluarkan dari Kala Hitam dan kemudian merubah nama menjadi Kyokushin Karate Indonesia (KKI).

Feb 1996
IKO-2 pimpinan Nishida mengadakan WOKT Ke-6 di Tokyo – Japan. Indonesia di bawah Branch Chief Harry Sudjono mengirim 4 wakil yaitu: 1. MG. Heru S., 2. Budi Santoso, 3. Sonny Omegawan, 4. Anthony Pajouw.

5-7 Nov 1999
IKO-1 pimpinan Matsui mengadakan WOKT Ke-7 di Tokyo – Japan. Indonesia di bawah Branch Chief JB. Sujoto mengirim 1 wakil yaitu: 1. Anthony Pajouw.

9-Agu-2001
MS. Dadang UB mundur dari KKI dan mendirikan IKO Kyokushinkaikan Indonesia

Okt-2001
KKI mengadakan Indonesia Open Ke-1 yang diikuti juga oleh beberapa atlet dari negara ASEAN.

1-3 Nov 2003
IKO-1 pimpinan Matsui mengadakan WOKT Ke-8 di Tokyo – Japan. Indonesia di bawah Branch Chief JB. Sujoto mengirim 1 wakil yaitu: 1. Anthony Pajouw.

2004
IKO Kyokushinkaikan Indonesia pimpinan MS. Dadang UB secara resmi berafiliasi ke All Japan Kyokushin Union pimpinan Tabata/Hasegawa

Nov-2004
KKI mengadakan Kejuaraan Asia Ke-10 IKO Matsui di Denpasar – Bali.

20-Agu-2006
Agus Prihanto memisahkan diri dari Yayasan Seni Beladiri Kyokushinkai Indonesia dan mendirikan KYOKUSHIN ACADEMY yang berpusat di Surabaya. Untuk tingkat nasional Kyokushin Academy menjalin kerja sama dengan perguruan IKO Kyokushinkaikan Indonesia pimpinan MS. Dadang UB.

19-Nov-2006
Untuk kedua kali nya KKI mengadakan Indonesia Open Ke-2 di Denpasar – Bali yang diikuti atlet dari beberapa negara Asia dan atlet kyokushin domestik di luar perguruan KKI.

16-18 Nov 2007
IKO-1 pimpinan Matsui mengadakan WOKT Ke-9 di Tokyo – Japan. Indonesia di bawah Branch Chief JB. Sujoto mengirim 2 wakil yaitu: 1. Mario Christie, 2. Agustianto Tjajadi.

19-20 Jan 2008
All Japan Kyokushin Union mengadakan WOKT Ke-2 di Okinawa – Japan. Indonesia di bawah Branch Chief MS. Dadang UB mengirim 3 wakil yaitu: 1. Ahmad Yani, 2. Lucky MFZ, ST dan 3. Rihen Ripelen

24-Feb-2008
Sugeng Pramono anggota KKI dari DKI diangkat menjadi Branch Chief IKO-1 atas rekomendasi Peter Chong dan bersama sebagian anggota KKI mendirikan Perguruan Beladiri Tangan Kosong IKO Kyokushinkaikan Indonesia. Hal ini menimbulkan masalah di internal KKI yang mengakibatkan kemudian JB. Sujoto mundur dari IKO-1 pimpinan Matsui.

12-Jul-2008
Silvester Sebastian salah satu dewan guru KKI mengundurkan diri dan mendirikan Akademi Seni Bertarung Kyokushin Indonesia (ASBKI) yang berpusat di Yogyakarta.

19-Agu-2008
Anthony F. Pajouw anggota KKI yang sebelum nya bergabung dengan Perguruan pimpinan Sugeng Pramono menyatakan mundur dan mendirikan Perguruan Kyokushinkan Indonesia yang berafiliasi ke Kyokushinkan International pimpinan Hatsuo Royama

24-Agu-2008
Untuk ke-3 kali KKI menggelar Indonesia Open-3 di Surabaya dengan mengundang atlet dari beberapa negara Asia dan atlet domestik di luar perguruan KKI.

25-Jun-2009
Setelah lebih dari 1 tahun menjalin hubungan dengan honbu WKO Shinkyokushinkai, JB. Sujoto secara resmi diterima menjadi Branch Chief sekaligus Country Representative WKO di Indonesia setelah melalui proses dan sidang Dewan Pusat WKO di St Pettersburg Russia. Dan secara resmi pula mengganti nama perguruan menjadi WKO Shinkyokushinkai Indonesia.

Sep-2009
Darmawan Utomo anggota KKI mundur dan mendirikan Melion Kyokushin Indonesia yang berpusat di Surabaya

22-Sep-2009
Nardi T. Nirwanto pendiri Perguruan PMK Kyokushinkai dan Bapak Kyokushin Indonesia wafat dan dimakamkan di Kota Batu, Malang.

Mar-2010
Digelar Kejuaran Kyokushinkan Open di Kuala Lumpur Malaysia. Dari Indonesia mengirim beberapa atlet dari peguruan Kyokushinkan, WKO dan PMK Kyokushinkai. Ini sekaligus kiprah pertama kali PMK Kyokushinkai di forum Internasional sejak tahun 1981.

27-Jul-2011
Winta Karna pendiri Perguruan Kala Hitam wafat dan dimakamkan di Medan.

01-Okt-2011
Digelar Kejuaraan Internasional Kyokushinkan di Jakarta yang diikuti atlet dari Asia dan Eropa. Dari Indonesia diikuti dari berbagai Perguruan yaitu: Kyokushinkan Indonesia, PMK Kyokushinkai, Kala Hitam, IKO-Matsui dan ASBKI.

22-23 Okt 2011
WKO pimpinan Midori mengadakan WOKT Ke-10 di Tokyo – Japan. Indonesia di bawah Branch Chief JB. Sujoto mengirim 1 wakil yaitu: 1. Roy Bernardo

4-6 Nov 2011
IKO-1 pimpinan Matsui mengadakan WOKT Ke-10 di Tokyo – Japan. Indonesia di bawah Branch Chief Sugeng Pramono mengirim 1 wakil yaitu: 1. Guzard Arnold Wahyu.

12-Sep-2012
Sebagian senior PMK Kyokushinkai DKI – Banten mundur dan mendirikan Indonesia Kyokushin Karate Association (IKKA) yang dipimpin oleh Hadi Sunyoto. IKKA ini berafiliasi ke IKO Matsushima dengan Branch Chief Setia Purnama.

13-Okt-2012
Digelar Binus Kyokushinkan Open yang diikuti oleh atlet dari beberapa perguruan Kyokushin di Indonesia.

10-11 Nov 2012
All Japan Kyokushin Union mengadakan WOKT Ke-3 di Toyama – Japan. Indonesia di bawah Branch Chief MS. Dadang UB mengirim 2 wakil yaitu: 1. Desjan Nainggolan, 2. M. Jefry Pay.

26-Jan-2014
Untuk pertama kali nya digelar Kejuaraan Karate Full Body Contact FORKI di Surabaya memperebutkan Piala Pangkostrad I yang diikuti oleh perguruan anggota FORKI yaitu: PMK Kyokushinkai, Kala Hitam dan Gojuryu Ass.

24-Mei-2014
Digelar Binus Kyokushinkan Open Ke-2 yang diikuti oleh atlet dari beberapa perguruan kyokushin di Indonesia.

2015
Muslihudin mundur dari perguruan Beladiri Tangan Kosong IKO Kyokushinkaikan Indonesia dan mendirikan Klub Kyokushin Indonesia (2K-I) yang berpusat di Denpasar dengan mendapat dukungan dari binaragawan Ade Rai.

7 Mar 2015
Diadakan Kejuaraan “Oyama Community Fullcontact Karate Championship 2015” di Jakarta yang diikuti oleh beberapa perguruan kyokushin di Indonesia.

2-Mei-2015
Untuk ke-4 kali WKO Shinkyokushinkai Indonesia menggelar Indonesia Open-4 di Denpasar – Bali yang diikuti atlet dari beberapa negara Asia-Australia dan atlet domestik.

03-Mei-2015
Untuk kedua kali nya digelar Kejuaraan Full Body Contact Open FORKI di Surabaya memperebutkan Piala Menkopolhukam I yang diikuti oleh perguruan anggota FORKI yaitu: PMK Kyokushinkai, Kala Hitam dan Gojuryu Ass.

31 Okt ~ 1 Nov 2015
WKO pimpinan Midori imengadakan WOKT Ke-11 di Tokyo – Japan. Indonesia di bawah Branch Chief JB. Sujoto mengirim 1 wakil yaitu: 1. Gusfi Eranu

26-Jul-2016
Dengan dipelopori oleh WKO Shinkyokushinkai Indonesia dan 3 perguruan karate fullcontact mendirikan “Indonesia Fullcontact Karate Association” (IFKA).

10 Sep 2016
Kyokushinkan Indonesia mengadakan kejuaraan “Kyokushinkan Indonesia Open Turnament Ke-1” di GOR Grogol – Jakarta Barat yang diikuti oleh beberapa perguruan Kyokushin di Indonesia.

09-Okt-2016
Untuk ketiga kali nya digelar Kejuaraan Full Body Contact Open FORKI di Surabaya memperebutkan Piala Pangkostrad II yang diikuti oleh perguruan anggota FORKI yaitu: PMK Kyokushinkai, Kala Hitam dan Gojuryu Ass.

Feb 2017
Melion Kyokushin Indonesia pimpinan Darmawan Utomo berafiliasi ke Kyokushin Budo Karate Organization Kyokushin Kenbukai pimpinan Tsuyoshi Hiroshige dan menempatkan Kasno Sadewo sebagai Branch Chief.

14-Mei-2017
Kasiyono, warga senior Kyokushin Academy pimpinan Agus Prihanto mengundurkan diri dan mendirikan Kyokushin Karate Indonesia dengan pusat di Mojokerto.

21-Mei-2017
Bertempat di GOR Britama Kelapa Gading, IKKA untuk pertama kali nya mengadakan Kejuaraan Internasional Asia Pacific IKO Matsushima.

27-Jul-2017
Dicky Setiawan, warga senior Kyokushin Academy pimpinan Agus Prihanto mengundurkan diri dan mendirikan Star of Kyokushin dengan pusat di Yogyakarta.

19 Agustus 2017
Kyokushinkan Indonesia mengadakan kejuaraan “Kyokushinkan Indonesia Open Turnament Ke-2” di GOR Grogol – Jakarta Barat yang diikuti oleh beberapa perguruan Kyokushin di Indonesia.

20-Aug-2017
Untuk pertama kali nya IFKA mengadakan Kejuaraan Nasional yang pertama dengan nama “1st Indonesia Open Fullcontact Karate Championship” yang diadakan di JCC Senayan bersamaan dengan Event Goifex 2017.

7 Okt 2017
IKO Matsui Cabang Indonesia mengadakan Kejuaraan “Elite Kyokushin Open Invitational Weight Category Championship” di Jakarta yang diikuti oleh beberapa perguruan kyokushin di Indonesia dan mengundang juga atlet dari Singapore dan Philipina.

11-12 Nov 2017
IKO Kyokushinkaikan Indonesia All Japan Kyokushin Union pimpinan MS. Dadang UB menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Ke-5 (5th World Cup All Japan Kyokushin Union) di Hotel Horison Bekasi.

19-20 Mei 2018
Untuk pertama kali nya diadakan “1st International Fullcontact Karate Championship” di Osaka, Indonesia mengirim 2 atlet dikejuaraan ini yaitu: 1. Roy Bernardo, 2. Salky Salim. Kejuaraan ini diikuti oleh organisasi karate fullcontact anggota JFKO maupun dari luar JFKO.

30 Mei 2018
Setelah sebelum nya aktif di perguruan Oyama Karate Indonesia pimpinan SJ. Angga, Edwin Ludy mundur dan mendirikan Perguruan Kyokushinkai Fighter Indonesia dengan pusat di Surabaya.

21-Aug-2018
Setelah sebelum nya mundur dari WKO Shinkyokushinkai Indonesia, Jesse Chandra mendirikan IKO Nakamura Indonesia dengan Pusat di Bandung.

23-Feb-2019
Untuk kedua kali nya IFKA mengadakan Kejuaraan Nasional dengan nama “2nd Indonesia Open Fullcontact Karate Championship” yang diadakan di JCC Senayan bersamaan dengan Event Goifex 2019.

30 Mar 2019
IKO Matsui Cabang Indonesia mengadakan Kejuaraan “Elite Kyokushin Open Turnament 2019” di Jakarta yang diikuti oleh beberapa perguruan kyokushin di Indonesia dan mengundang atlet dari Philipina.

9-Mei-2019
Setelah sebelum nya mengangkat 2 Branch chief IKAK (International Karate Alliance Kyokushinryu) di Indonesia yaitu di Maluku (Dominikus Ratuanak) dan di Denpasar – Bali (Muslihudin), menyusul Perguruan Kala Hitam bergabung dengan dengan IKAK dan menempatkan 3 wakil nya sebagai Branch Chief yaitu Lambok Sihombing, Lee Vita Fannoto dan Sujarwo yang sekaligus menjabat sebagai Country Reps untuk Indonesia.

23-Jun-2019
Untuk ke-5 kali WKO Shinkyokushinkai Indonesia menggelar Kejuaraan Indonesia Open-5 di Jakarta yang diikuti atlet domestik dari WKO dan di luar WKO anggota IFKA.

21-Aug-2019
Setelah sebelumnya aktif di WKO dan ASBKI, Sensei Sutrisno mundur dari ASBKI dan mendirikan “Kyokushin Bushido Karate” dengan Pusat di Klaten – Jawa Tengah.

21-Aug-2019
Dicky Setiawan, pimpinan perguruan Star of Kyokushin secara resmi diangkat menjadi Branch Chief IKAK (International Karate Alliance Kyokushinryu) pimpinan Shihan Peter Chong.

6-Oct-2019
All Japan Kyokushin Union mengadakan Kejuaraan Dunia Ke-6 “6th Kyokushin Karate World Cup” di Moscow. Indonesia di bawah Branch Chief/Country Reps MS. Dadang UB mengirim 2 wakil, yaitu: Parulian Hasiolan Simanjuntak (Kata) dan Mas’ud Arif Saifuddin (Kumite).

1-Nov 2019
Perguruan “Kyokushin Karate Indonesia” pimpinan Kasiyono secara resmi bergabung ke Perguruan “Star of Kyokushin” pimpinan Dicky Setiawan yang merupakan BC IKAK untuk wilayah Yogya, Jateng dan Jatim.

9 ~ 10 Nov 2019
WKO pimpinan Midori mengadakan WOKT Ke-12 di Tokyo – Japan. Indonesia di bawah Branch Chief JB. Sujoto mengirim 2 wakil yaitu: 1. Erick Danuraharja, 2. I Gusti Ayu Santi Dewi.

22 ~ 24 Nov 2019
IKO pimpinan Matsui mengadakan WOKT Ke-12 di Tokyo – Japan. Indonesia di bawah Branch Chief Sugeng Pramono mengirim 1 wakil yaitu: 1. Gio Sandro.

15-Mar-2020
Akademi Seni Bertarung Kyokushin Indonesia (ASBKI) mengadakan Open Kyokushin Championship di Mall Lenmarc Surabaya diikuti oleh beberapa perguruan kyokushin di Indonesia. Dalam acara ini sekaligus meresmikan Role Model Kerja Sama ASBKI dengan International Budokai Union (IBU) Kyodokyokushin pimpinan Kancho Maciej Misiak dengan Honbu di Warsawa – Polandia. Dan menempatkan Shihan Teguh Suharto Utomo sebagai General Secretary Central Honbu I.B.U Kyodokyokushin sekaligus sebagai President Asia Pasific I.B.U Kyodokyokushin

7-Apr-2020
Dicky Setiawan, pimpinan perguruan Star of Kyokushin mundur sebagai Branch Chief IKAK dan resmi bergabung menjadi Branch Chief International Budokai Union (IBU) Kyodokyokushin Indonesia

17-Jun-2020
Salah satu Senior Akademi Seni Bertarung Kyokushin Indonesia (ASBKI) mendaftarkan diri dengan dibantu oleh Shihan Cameron Queen (Branch Chief So Kyokushin Wilayah Australia) ke SoKyokushin pimpinan Shihan Daigo Oishi, dan menempatkan Oei Kim Liong sebagai Branch Chief SoKyokushin untuk Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *